Kamis, 30 Agustus 2012

Sejarah Laptop

Sejarah Laptop saat ini. Laptop yang kita pakai setiap hari untuk mengerjakan pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, bermain games dan bahkan untuk melihat film ini mempunyai sejarah panjang yang mungkin sedikit dari kita yang tahu. Ada beberapa versi sejarah laptop yang ada dapat kita baca dari beberapa sumber di internet atau di buku.

Sejarah Laptop Secara Umum

Secara umum sejarah laptop mempunyai beberapa versi penceritaan namun inti dari versi-versi tersebut sama. Kisah mengenai laptop ini bermula sekitar tahun 1970-an. Laptop yang dulunya dinamakan komputer jinjing. Maksudnya jenis komputer yang tidak hanya diletakkan di satu tempat, namun dapat dibawa kemana-mana. Komputer jinjing itu digagas pertama kali oleh Alan Kay pada tahun 1970an. Beliau sangat terkenal dalam dunia koputer sehingga nama Alan Kay juga mewarnai sejarah laptop karena tanpanya kita tidak bisa menikmati laptop yang sekarang ini. Alan Kay bekerja di Xerox Palto Alto Research Center dan ditugaskan untuk membuat komputer yang dapat dijinjing namun tanpa kabel yang memiliki kemampuan network wireless. Beliau menciptakan laptop pertama yang menjadi cikal bakal laptop dan komputer jinjing tersebut pertama kali dinamakan Dynabook.

Sejarah Laptop William Moggridge

Kemudian pada akhir tahun 1970-an tepatnya pada tahun 1979, sejarah laptop kembali diwarnai dengan nama baru yang juga piawai dalam dunia komputer yaitu William Moggridge. William Moggridge selanjutnya menciptakan komputer jinjing pertama yang dinamakan The Grid Compass Computer 1109. Komputer jinjing pertamanya ini memiliki memori sebesar 340 kilobyte. Dan juga memiliki ruang untuk disket serta layar yang dapat dilipat yang kemudian dinamakan electrominescent. Sejarah terus bergulir kemudian pada tahuan 1984 kembali diperkenalkan laptop model baru yang bernama Apple model IIc. Sesuai dengan namanya laptop baru ini diperkenalkan oleh perusahaan komputer terkemuka yaitu Apple. Apple IIc yang sebernarnya bukan laptop ini memiliki microprosesor sebesar 65C02, memori sebesar 128 kilobytes dan floppy drive sebesar 5,25 inci dan laptop ini menjadi laptop paling lengkap pertama dalam sejarah laptop.
sejarah laptop

Sejarah Laptop Transportable

Bicara tentang sejarah komputer jinjing transportable kita akan kembali ke era 1980-an. Sejarah laptop transportable pertama diciptakan oleh Osborne Computer Corporation. Perusahaan komputer ini didirikan oleh Adam Osborne pada tahun 1981. Laptop transportable pertama yang dikeluarkan Osborne Computer Corporation dinamakan dengan The Osborne 1 Personal Computer Bisnis. Laptop baru ini diperkenalkan ke publik pada bulan April 1981. Sejak saat itu, sejarah laptop transportable dimulai. Penjualan Osborne Computer Corporation mengalami kesuksesan dengan terjualnya 11.000 buah laptop selama 8 bulan. Dua tahun kemudian, sejarah laptop mencatat pembuatan The Osborne Executive and the Executive II portable computers tetapi dalam beberapa bulan setelah peluncuran laptop tersebut perusahaan ini mengalami kebangkrutan yang juga tercatat dalam sejarah laptop dunia.
Sejarah laptop transportable pertama tetap mencatat The Osborne 1 menjadi cikal bakal laptop masa depan yang mempunyai spesifikasi sebagai berikut. Laptop ini mempunyai mikroprosesor sebesar 4.0 mhz yang dinamakan Zilog Z80, RAM sebesar 64K, ROM 4K, monitor sebesar 5” dengan kemampuan 53 x 24 text, mempunyai port parallel dan port modem. Laptop ini menjadi sejarah laptop pertama yang memiliki port modem dan CP/M operating system. Berat The Osborne 1 adalah 12 kg dengan layar monochrome, dijual dengan harga murah berikut dengan software gratis. Terlepas dari cikal bakal sejarah laptop pertama, The Osborne 1 hanya dapat bertahan beberapa waktu karena berat dan keterbatasan kemampuan.
Nah demikianlah artikel ini. Semoga artikel sejarah laptop ini bermanfaat.

0 komentar: