Sabtu, 01 September 2012

TIPS USAIN BOLT AGAR JADI JUARA



foto
Usain Bolt. AP/Kirsty Wigglesworth

Tips Usain Bolt Agar Jadi Juara

TEMPO.CO , London - Di tengah tekanan untuk mempertahankan medali emas, Usain Bolt mengungkapkan sedikit triknya saat memenangi lomba lari 200 meter di Olimpiade XXX London 2012, Kamis, 9 Agustus 2012.

Bolt mengatakan, sebelum bertanding, ia terlebih dahulu mengontrol pikirannya. "Saya tidak berpikir yang lain. Saya hanya fokus untuk tetap berada di depan Yohan Blake," katanya sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu, 11 Agustus 2012.

Bolt mengakui, dengan hanya satu fokus tersebut, sprinter asal Jamaika itu bisa menyingkirkan beberapa beban pikiran. Trik ini dijalankan Bolt bukan tanpa alasan.

Atlet berusia 23 tahun itu punya pengalaman buruk soal start. Ia pernah didiskualifikasi karena dianggap mencuri start saat bertanding di Kejuaraan Dunia Atletik di Daegu, Korea Selatan, pada 2011.

Menganggap Blake sebagai patokan bukan pilihan yang salah. Pasalnya, Blake dianggap sebagai pelari paling cepat setelah Bolt. Hasil lomba membuktikan, Blake berhasil mengamankan medali perak.

"Lomba tersebut ternyata lebih sulit dari yang saya duga. Tekanan makin membuncah ketika bersiap lari dalam posisi membungkuk. Di saat itulah saya harus segera fokus," kata Bolt.

Hasilnya, Bolt berhasil merajai pertandingan di Stadion Olimpiade London itu. Meskipun tidak membuat rekor baru, catatan waktunya malam itu tetap mengesankan dengan 19,32 detik. Ia berhasil mempertahankan medali emas nomor 200 meter Olimpiade, sekaligus memenangkan gelar "double-double."

0 komentar: